DISIPLIN

Kata disiplin mengandung konotosai ketaatan terhadap (dalam tingkatan yang paling dasar) aturan\tata-tertib dan (lebih tinggi lagi) terhadap komitmen pribadi. Pendidikan mulai dari yang tingkat rendah sampai yang tertinggi selalu menggunakan slogan penanaman kedisiplinan untuk menumbuhkan karakter manusia. Banyak aturan dibuat mulai dari tingkat sekolah\universitas sampai di dalam kelas. Demikian juga untuk tingkat negara sampai lingkungan masyarakat yang terkecil, keluarga.

Banyak tata tertib yang harus diingat dan ditaati. Membuat bingung? Pasti. Namun kenyataannya banyak orang yang tidak memiliki masalah dengan seluruh tata-tertib dan aturan yang  ada. Hal tersebut dapat terjadi karena ada driven menyebabkannya.

Pagi hari sebelum berangkat seorang harus menaati tata tertib di rumah, dalam hal bangun pagi, membereskan tempat tidur, tata cara makan dan sebagainya. Peraturan dan tata tertib di jalan raya menjadi hal yang harus ditaati berikutnya. Mendahului dari sisi kanan, belok harus memberi sen, mendahulukan ambulance dan seabrek tata tertib\peraturan lainnya. Masuk jam 8, tidak boleh berpakaian sembarangan, menjaga tingkah laku mematuhi target yang dibuat adalah tata tertib\peraturan yang sudah menunggu di kantor, di lingkungan pergaulan kantor dan setrusnya.

Apa yang menjaga segudang peraturan tersrbut dapat dengan mudah diingat dan dilakukan? Komitmen diri. Kalau komitmen terhadap diri sendiri bisa dipatuhi maka semua irtu akan dengan mudah dilakukan. Komitmen untuk mewujudkan nilai hidup menghargai orang lain misalnya. Komitmen tersebut akan menjadi driven untuk menghormati sesama anggota keluarga, pengguna jalan raya yang lain, lingkungan kantor dan masyarakat akan mewujudkan harmoni untuk secara otomatis menaati peraturan dan tata tertib yang ada. Tanpa disadari tata tertib dianggap sebagai sarana untuk menghormati orang lain. Supaya tidak ada orang celaka, kalo mau berbelok harus memberi tanda, lampu merah harus berhenti supaya tidak ada orang yang tertabrak, begitu seterusnya. Supaya seluruh pekerjaan di kantor bisa berjalan dengan baik, bagian pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang harus diselesaikan dengan baik supaya seluruh pekerjaan bisa selesai pada waktunya dengan hasil yang baik.

Mulailah dengan berkomitmen terhadap diri sendir, maka disiplin bukan lagi paksaan tetapi menjadi sarana untuk mengembangkan dirim

About dbimo

Long live learning akan membawa kita pada penjelejahan akan ilmu pengetahuan yang tiada henti. Saya ingin bergabung dengan para penjelejah ilmu pengetahuan yang terus berjuang menjadi pembelajar seumur hidup.
This entry was posted in Kapur Sirih. Bookmark the permalink.

Leave a comment